pidato kenakalan remaja bahaya narkoba

Assalamu’alaikum Wr Wb
Selamat pagi.Salam sejahtra bagi kita semua.
Yang terhormat Ibu Kepala Sekolah.
Yang terhormat Bapak/Ibu dewan Guru beserta Staf Tata Usaha.
Dan teman-temanku yang berbahagia.

Marilah kita ucapkan puji syukur kehadiran Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat karunia-Nya yang mana kita telah diberi kesehatan sehinggga masih bisa berkumpul disini dalam keadaan sehat.
Bapak-Ibu dewan Guru serta teman-teman yang saya sayangi. Disini izinkanlah saya menyampaikan satu atau dua patah kata.Yang saya ingin sampaikan Selamat Hari Kesehatan Nasional bagi kita semua.
Teman-temanku yang saya sayangi dari tahun ketahun kita mengalami perubahan yang sangat pesat, dari situlah kita harus menjaga pergaulan kita sebaik mungkin karena banyak teman kita yang sudah salah melangkah dalam menentukan masa depan. Dan mereka pun juga semua banyak yang terjerumus kedunia NARKOBA.
Perlu teman-teman ketahui!
Narkoba adalah salah satu jenis obat psikotropika.Obat ini dalam dunia kedokteran digunakan sebagai obat penenang pada pasien yang mengalami depresi dan sebagai obat bius untuk operasi.Namun, saat ini fungsinya banyak salah digunakan oleh para remaja.
Narkoba mereka gunakan sebagai obat penghilang stress dan bahkan suatu trend masa kini, yang sangat disukai para remaja. Narkoba dalam dunia remaja bisa masuk dari mana saja.Bila narkoba sudah masuk dalam dunia kita, sangatlah sulit bila untuk kita lepas darinya.
Teman-teman ku?
Banyak sekali kerugian yang timbul dari narkoba dalam hidup kita. Sebagai salah satu: Bila seseorang pecandu narkoba sudah tentu hidupnya akan hancur. Dan masa depannya pun akan suram. Apalagi bila ada dia akan masuk kerja atau pun masuk perguruan tinggi. Pada tes kesehatan dia tidak akan lulus. Yang mengakibatkan tidak ada lagi masa depan yang cerah untuknya maka janganlah sekali-kali kita masuk atau pun mencoba narkoba. Dalam kondisi dan alasan apapun sebagai generasi muda dan penerus bangsa.Mari kita isi kemerdekaan ini dengan selalu belajar dan menjunjung harkat dan martabat bangsa ini. Katakan dan tanamkan dalam diri kita
SAY NO TO DRUG!!!!
Demikian pidato saya pada pagi hari yang indah dan cerah ini. Semoga pidato apa yang saya sampaikan ini bermanfaat bagi kita semua. Dan selanjutnya apa bila ada tutur kata dan sikap saya kurang berkenan dihati hadirin sekalian saya mohon maaf.
Sekian dan selamat pagi.

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul disini dan pada hari ini saya akan menyampaikan pidato tentang Narkoba.

Di Indonesia jumlah pengguna narkoba begitu besar, karena lemahnya penegakan hukum di Indonesia para pengedar internasional dapat bekerja sama dengan warga negara Indonesia dan memperoleh keuntungan yang besar. Penyalahgunaan Narkotika dan zat aditif lainnya itu tentu membawa dampak yang luas dan kompleks. Sebagai dampaknya antara lain perubahan perilaku, gangguan kesehatan, menurunnya produktivitas kerja secara drastis, kriminalitas dan tindak kekerasan lainnya.

Penyalahgunaan narkoba dapat dicegah melalui program-program diantaranya mengikuti kegiatan-kegiatan sosial, tidak bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba, tidak mudah terpengaruh ajakan atau rayuan untuk menggunakan narkoba.Pengguna narkoba biasanya lebih didominasi oleh para remaja dan anak sekolah.

Sekolah juga memberikan penyuluhan kepada para siswa tentang bahaya dan akibat dari penyalahgunaan narkoba melalui Guru BP, diskusi yang melibatkan para siswa dalam perencanaan untuk intervensi dan pencegahan penyalahgunaan narkoba di sekolah. Program lain yang cukup penting adalah program waspada Narkotika dengan cara mengenali ciri-ciri siswa yang menggunakan narkoba, mewaspadai adanya tamu yang tak dikenal atau pengedar, melakukan razia dadakan.

Biasanya pengedar maupun pemakai di sekolahh telah paham betul program-program disekolah untuk pencegahan pengguna atau pemakai disekolah, mereke tentu saja mengantisipasinya dengan sebaik yang mereka bisa.Sepintar apapun kiat mereka, ibarat sepandai-pandai tupai melompat, akhirnya jatuh juga. Jurus-jurus jitu menghindari deteksi sekolah memang mereka kuasai, tapi mengingat sifat narkoba yang adiktif dan menutut dosis yang lebih tinggi maka disiplin cara aman akan terkuak juga

Untuk itu marilah kita hindari dan jauhi serta ikut memberantas penggunaan narkoba.Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf.Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.

Wassalamu’alaikum Wr Wb

Perlu kita ketahui bahwa Narkoba atau Narkotika saat ini masuk di Indonesia terutama dikalangan generasi muda. Narkoba atau zat psikotropika merupakan zat atau bahan-bahan kimia yang dapat mengubah pikiran, perasaan, fungsi mental dan perilaku seseorang selain itu zat psikoaktif atau biasa disebut dengan zat psikotropika ini adalah sejenis obat, narkotika, alkohol dan lainya yang membuat mabuk dan digunakan diluar tujuan pengobatan.

Seperti telah kita ketahui bersama, bahwa obat merupakan benda kimia yang mengandung zat yang dapat menyembuhkan penyakit. Namun, obat kadang-kadang berakibat menjadi penyakit  apabila tidak digunakan sebagaimana mestinya.

Dampak pemakaian narkoba/narkotika bagi tubuh manusia jelas dapat merusak otak, saraf dan organ tubuh lainnya.Oleh karena itu sudah seharusnya generasi muda menghindarkan diri dari pemakaian narkoba yang sangat dilarang oleh pemerintah dan agama.

Upaya yang dilakukan ialah sejak dini kita harus mewaspadai diri sendiri melalui pendidikan yang luas dan pengajaran pemberian informasi yang positif.

Pendidikan, usaha sadar manusia secara berencana yang akan ditunjukan pada perilaku manusia diseluruh aspek kepribadian baik aspek pengetahuan (kognitif) emosi (afektif) kemauan (konoaktif) maupun ketrampilan (psiko-motorik).

Belajar hidup bertanggung jawab, menjauhi narkoba merupakan model pendidikan. Jangan sia-siakan masa muda kita dengan hal-hal yang tidak  bermanfaat bagi dunia dan akhirat.

Jauhi narkoba dan jangan pernah untuk mendekati/menyentuh narkoba “narkoba berbahaya”

Salam generasi muda

“SAY NO TO DRUGS”

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebagaimana kita ketahui, kebudayaan Indonesia terbentang dari Sabang sampai Marauke. Memiliki puluhan warisan kebudayaan yang kaya akan seni. Banyak bangsa yang kagum dan ingin mengklaim budaya Indonesia sebagai budaya bangsa mereka.

Oleh karena hal itu maka kita sebagai generasi muda sangatlah baik jika kita menyadari bahwa kebudayaan adalah harta yang tidak tergantikan. Kebudayaan tidak dapat diciptakan dengan mudah , apalagi dengan waktu yang singkat. Memang telah banyak upaya untuk melestarikan kebudayaan Indonesia, namun upaya tersebut belum maksimum.

Salah satu kebudayaan Indonesia yang melegenda adalah batik.Batik merupakan salah satu hasil budaya yang telah mendunia dan pada masa akhir-akhir ini, batik mulai mendapat sorotan dari generasi muda.Batik day adalah hari dimana semua pihak di ajak untuk menggunakan batik.Hal ini sangatlah baik bagi generasi muda dan kelangsungan budaya batik itu sendiri. Kreativitas batik akan berkembang dengan sendirinya dengan banyaknya permintaan. Tata busana yang modern dan sesuai dengan usia akan menjadikan batik sebagai sarana kreativitas bagi para perancang muda. Buatlah batik menjadi tombak fashion baik formal, semi formal dan informal.Rancanglah batik dengan fashion yang orisinil namun sangat trendy jika di kenakan oleh setiap jenjang generasi.

Selain batik, masih terdapat juga kain-kain lain yang tidak kalah indah seperti kain songket, kain ulos dan sebagainya.Sudah saatnya kita sebagai generasi muda mengolah hasil budaya tersebut tanpa menghilangkan orisinalitasnya.Jadikanlah batik sebagai salah satu ikon fashion yang keren dan menarik bagi generasi muda.

Selain batik, kebudayaan Indonesia yang paling sering di minati adalah tari daerah. Tarian Indonesia tidak kalah eksotis dan gemulai di bandingkan dengan Negara lain. Banyak sekali wisatawan asing yang datang ke Indonesia hanya untuk melihat tarian asli Indonesia tersebut.Pernahkah anda menyaksikan festival budaya atau penyambutan tamu-tamu penting yang datang ke Indonesia.Seni musik dan tari yang di sugguhkan sangat luar biasa.

Menurut pendapat saya seni tari daerah harus diperkenalkan di kalangan pelajar dan mahasiswa sehingga menjadi ajang kontes yang tidak kalah menarik dengan kompetisi pemandu sorak.Padukanlah tarian daerah dengan tarian modern, seperti salah satu konsep tarian dalam salah satu acara terpopuler di Indonesia. Hilangkanlah konotasi bahwa tarian daerah tidak gaul. Berkreasilah, jadikanlah tarian daerah asli Indonesia sebagai salah satu subjek tarian yang di minati.

Selain kreativitas, faktor promosi juga berperan penting.Promosikanlah Seni Budaya Indonesia ke mancanegara dengan ide-ide yang menarik dan unik.Dengan demikian Seni Budaya Indonesia mendapat pengakuan internasional dan tidak mudah untuk di duplikasi.Janganlah pernah bosan dalam berkreasi, lestarikanlah kebudayaan Indonesia, hidupkanlah jati diri anda sebagai bangssa Indonesia.

 

 

 

 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Selamat pagi/siang/malam, salam sejahtera juga saya sampaikan kepada hadirin yang beragama lain selain islam.

Ibu-ibu, Bapak-bapak, yang kami hormati,
serta hadirin hadirat yang kami muliakan.

Pada kesempatan malam resepsi yang berbahagia ini, kami atas nama sohibul hajat, mengajak hadirin dan hadirat untuk bersama-sama kita bersyukur kepada Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa, atas semua nikmat yang telah diberikan kepada kita semua, sehingga pada malam yang berbahgia ini kita bisa bersama-sama mengahadiri acara resepsi pernikahan ini, kepada Bapak/ibu … sekeluarga khususnya dalam rangka melaksanakan resepsi atas nikahnya putri tercinta (nama mempelai wanita) dengan nanda menantu (nama mempelai pria).

Yang kedua, sudah sepantasnya kiranya kita memanjatkan puja dan puji kepada Allah, sekaligus memanjatkan doa semoga junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW mndapat tmpat yang paling mulia disisi-Nya. Amien…

Hadiri yang mulia, sebagaimana telah saya sebutkan tadi, bahwa pada saat yang berbahagia ini adalah malam resepsi pernikahan putri kami (nama mempelai wanita) dengan putra (nama mempelai pria), maka Alhamdulillah pernikahan tersebut secara resmi dilaksanakan pada hari … dengan selamat.

Hadirin yang berbahagia atas nama keluarga pengantin pria, mewakili ayahanda putra (nama mempelai pria), kami mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan kepada rombongan kami, yang dengan ringan kaki penuh dengan keikhlasan ikut mengantarkan putra (nama mempelai pria) guna memenuhi itikad baik untuk daat yang berbahagia ini bersanding bak raja sehari dengan putri Bapak (nama mempelai wanita) sekeluarga yakni pengantin putri (nama mempelai wanita), yang sudah barang tentu saja pada saat ini bersanding dengan putra (nama mempelai pria) bak ratu sehari.

Sebagai orang tua, sekaligus atas nama ayahanda (nama mempelai pria) sekeluarga, sesuai dengan amanat yang kami bawa, maka kami pada malam ini menyerahkan putraanda (nama mempelai pria) kepada bapak (nama ayah mempelai wanita) sekeluarga, untuk diakui sebagaimana layaknya putra sendiri. Untuk itu sepenuhnya kami persilahkan Bapak dengan ikhlas menerimanya, sekaligus menerima kami sebagai keluarga besar Bapak, sebagaimana kami juga menerima keluarag Besar Bapak … sebagai keluarga besar kami sendiri.

Sebagai orang tua, kepada pengantin berdua kami hanya berpesan, berbahagialah kalian, namun ingatlah bahwa masih banyak amalan lain sebagai seorang suami dan seorang istri yang harus dihadapi dalam kehidupan sehari-hari kelak nanti. Oleh sebab itu hendaknya rasa syukur pada saat yang berbahagia ini hendaknya kalian jadikan sebagai pedoman bukan justru membuat kalian menjadi lupa diri, namun sebaliknya untuk mawas diri.

Semoga bahtera hidup kalian senantiasa terbentuk di jalan Allah, senantiasa dalam lindungan Allah, dan senantiasa dalam rahmat dan ridla Allah SWT.Amin !

Bapak … sekeluarga yang kami hormati, kiranya ini saja dulu amanat dari ayahanda putra (nama mempelai pria) yang merupakan amanat, telah kami sampaikan dengan penuh rasa ikhlas. Semoga Bapak (nama ayah mempelai wanita) berkenan.

Hadirin yang kami muliakan, akhirnya marilah kita doakan kedua mempelai, semoga apa yang diinginkannya senantiasa tercapai di atas ridla Allah SWT. Amin !

Billahitaufiqwalhidayah, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hadirin dan Hadirat para undangan yang berhadir.

Mengawali sambutan ini segala puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan karunianya pada kita bersama sehingga kita dapat hadir bersama-sama dalam rangka pembukaan Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Barat ke XI di Kabupaten Agam yang sudah sejak lama kita nantikan dan impikan.
Semoga niat baik dan hajatan besar ini senantiasa diberkati dan dilindungi oleh Allah SWT Amin Yarabbal ’Alamin.
Shalawat dan salam marilah senantiasa kita kirimkan kepada arwah junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW. Semoga shafa’at beliau tercurah  di Yaumil Akhir nantinya.

Bapak Gubernur serta hadirin hadirat undangan yang berbahagia
Sebagai Kepala Daerah dan atas nama seluruh masyarakat Kabupaten Agam izinkanlah kami mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Sumatera Barat Bapak Irwan Prayitno beserta rombongan di Kabupaten Agam, yang telah berkenan  meluangkan waktu untuk hadir pada acara akbar yang kami banggakan ini.
Kabupaten Agam merupakan salah satu dari 19 Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Barat dengan luas wilayah 2.232, 30 km2, jumlah penduduk + 450.000 jiwa yang tersebar pada 16 Kecamatan dan 82 Nagari. Memiliki lansekap alami yang bervariasi mulai dari wilayah pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah sampai ke daerah pantai yang permai.Dihiasi dengan 2 buah gunung yang indah yaitu Gunung Singgalang dan Gunung Merapi.Selain itu kami juga memiliki Danau Maninjau yang terkenal dengan kelok 44.Semuanya itu merupakan potensi yang dapat dikembangkan bersama, baik dibidang ekonomi, pariwisata dan olahraga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Terkait dengan itu Kabupaten Agam telah melaksanakan event-event Nasional maupun Internasional seperti devisi 2 PSSI wilayah Sumatera, paralayang, dan berpartisipasi dalam menyukseskan rute Tour de Singkarak.
Dengan potensi tersebut, kedepan kami bertekad untuk lebih mengembangkan kegiatan keolahragaan baik dalam lingkup Provinsi, Nasional maupun Internasional, Untuk itu kami mohon bimbingan dan kesempatan dari Pemerintah dan Pengurus Olahraga Provinsi Sumatera Barat.

Bapak Gubernur serta hadirin para undangan yang berbahagia

Kita menyadari bersama bahwa salah satu tujuan diadakannya PORPROV Sumatera Barat ini adalah menggali potensi atlit-atlit Sumatera Barat dalam rangka persiapan menghadapi kejuaraan tingkat nasional, termasuk Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XVIII yang Insya Allah akan digelar di Provinsi Riau pada tahun 2012 yang akan datang. Disamping itu melalui pelaksanaan PORPROV ini juga dikandung maksud untuk membina hubungan silaturahmi diantara sesama atlit, offisial, dan pelatih demi menciptakan rasa persatuan, kesatuan, dan kebersamaan diantara Pemerintah Kabupaten/Kota dan insan olahraga.Oleh sebab itu marilah kita sukseskan bersama event ini dengan senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dan kekluargaan diantara kita bersama.
Apapun alasannya Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Barat ke XI ini merupakan wahana yang sangat tepat bagi para atlit untuk membuktikan kemampuan dan ketangguhannya meraih prestasi. Walaupun tidak semua akan berhasil dan sukses namun atlit yang meraih prestasi tentu diharapkan akan lebih meningkatkan prestasinya di kesempatan dan event yang lebih besar. Bagi yang belum meraih prestasi hendaklah dijadikan pemicu motivasi untuk terus berlatih dan meningkatkan prestasi di masa yang akan datang.

Bapak Gubernur serta para hadirin undangan yang kami hormati

Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Barat yang insya Allah akan diresmikan sebentar lagi merupakan Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Barat yang ke XI. Pertama kali digelar tahun 1986 di Padang Kota tercinta dan sebelumnya pada tahun 2006 dilaksanakan bersama di Kabupaten Sijunjung dan Kota Sawahlunto.
Sebelumnya penyelenggaraan  Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Barat ke XI ini direncanakan tahun 2009. Namun karena beberapa alasan ditunda menjadi tahun 2010 ini, diantaranya adalah karena Sumatera Barat pada umumnya dan Kabupaten Agam pada khususnya menghadapi musibah yang cukup besar, yakni Gempa Bumi 30 September 2009 yang menghancurkan beberapa fasilitas pendukung yang sudah disiapkan seterusnya kita juga dihadapkan dengan adanya pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah baik ditingkat Sumatera Barat maupun dibeberapa Kabupaten/Kota lainnya  yang dilaksanakan secara serentak.

Bapak/Ibu yang kami hormati

Dengan kondisi tersebut maka Penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi kali ini terpaksa berbeda dibandingkan dengan penyelenggaraan sebelumnya. Sesuai dengan kesepakatan Kabupaten/Kota dan persetujuan Bapak Gubernur, bila pelaksanaan Porprov sebelumnya dipusatkan di satu Kabupaten atau Kota, maka sekarang disebar diseluruh Kabupaten/Kota se Sumatera Barat, kecuali Kabupaten Mentawai dan Kota Solok, Kabupaten Sijunjung, dan Kabupaten Lima Puluh Kota. Kabupaten Agam dipercayakan untuk melaksanakan acara pembukaan dan penutupan, serta 4 cabang olahraga, diantaranya atletik, tinju, tenis meja, dan dayung.Sedangkan 24 cabang olahraga lainnya tersebar di 15 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa kegiatan besar ini dapat kita gelar berkat kebersamaan yang tercipta antara Provinsi Sumatera Barat dengan Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat dengan moto ”Barek Sapikua, Ringan Sajinjiang, Basamo Mangko Manjadi”.

Bapak Gubernur serta hadirin para undangan yang berbahagia

Dapat kami sampaikan bahwa, Sebelum dilaksanakan pembukaan PORPROV ke XI ini berbagai kegiatan lomba telah dilaksanakan. Tidak kalah pentingnya untuk menyemarakkan dan menyemangati Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Barat ke XI ini, pada tanggal 2 Desember 2010 telah dilakukan pula pengambilan api Pekan Olahraga Provinsi dari Nagari tertua di Minangkabau, Sumatera Barat, yaitu Nagari Pariangan Kabupaten Tanah Datar, Luhak Nan Tuo. Api tersebut telah di kirab sampai ke Ibu Kota Kabupaten Agam, Lubuk Basung melalui beberapa Kabupaten dan Kecamatan. Pada setiap Kecamatan mendapat sambutan yang meriah dari masyarakat dalam bentuk berbagai atraksi kesenian dan budaya. Pada hari yang sama juga digelar pertandingan dicabang olahraga Dayung yang bertempat di Danau Maninjau.

Bapak Gubernur serta hadirin para undangan yang kami hormat

Pada kesempatan ini izinkan kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan namanya satu persatu yang telah memberikan dukungan sepenuhnya dalam mensukseskan acara pembukaan dan pelaksanaan 4 cabang Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Barat ke XI di Kabupaten Agam, semoga menjadi amal ibadah disisi Allah SWT. Kita berharap walaupun dengan berbagai keterbatasan yang ada mudah-mudahan Pekan Olahraga ke XI Provinsi Sumatera Barat ini berjalan dengan sukses, aman dan lancar.
Kepada Bapak Gubernur Sumatera Barat beserta jajarannya dari lubuk hati yang paling dalam kami ucapkan terima kasih atas bantuan dan dukungannya baik moril maupun materil sehingga terselenggaranya event yang besar.Selanjutnya dimohonkan kepada Bapak untuk membuka acara ini secara resmi dan memberikan arahan dihadapan kita bersama.
Selanjutnya sebelum kami akhiri sambutan ini atas nama Pemerintah, masyarakat serta Panitia Pelaksana Pekan Olahraga Provinsi ke XI Sumatera Barat di Kabupaten Agam kami menyampaikan ucapan maaf kepada semua pihak terutama kepada tamu kami baik yang datang dari Provinsi, Kabupaten/Kota atas segala kekurangan dari pelayanan yang kami berikan. Kami telah berupaya memberikan semaksimal mungkin, memberikan pelayanan yang terbaik, namun dengan segala keterbatasan yang ada kami sadari terdapat berbagai kekurangan disana sini, untuk itu kami mohon dimaafkan.Hadirin dan Hadirat para undangan yang berhadir.

Mengawali sambutan ini segala puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan karunianya pada kita bersama sehingga kita dapat hadir bersama-sama dalam rangka pembukaan Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Barat ke XI di Kabupaten Agam yang sudah sejak lama kita nantikan dan impikan.
Semoga niat baik dan hajatan besar ini senantiasa diberkati dan dilindungi oleh Allah SWT Amin Yarabbal ’Alamin.
Shalawat dan salam marilah senantiasa kita kirimkan kepada arwah junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW. Semoga shafa’at beliau tercurah  di Yaumil Akhir nantinya.

Bapak Gubernur serta hadirin hadirat undangan yang berbahagia
Sebagai Kepala Daerah dan atas nama seluruh masyarakat Kabupaten Agam izinkanlah kami mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Sumatera Barat Bapak Irwan Prayitno beserta rombongan di Kabupaten Agam, yang telah berkenan  meluangkan waktu untuk hadir pada acara akbar yang kami banggakan ini.
Kabupaten Agam merupakan salah satu dari 19 Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Barat dengan luas wilayah 2.232, 30 km2, jumlah penduduk + 450.000 jiwa yang tersebar pada 16 Kecamatan dan 82 Nagari. Memiliki lansekap alami yang bervariasi mulai dari wilayah pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah sampai ke daerah pantai yang permai.Dihiasi dengan 2 buah gunung yang indah yaitu Gunung Singgalang dan Gunung Merapi.Selain itu kami juga memiliki Danau Maninjau yang terkenal dengan kelok 44.Semuanya itu merupakan potensi yang dapat dikembangkan bersama, baik dibidang ekonomi, pariwisata dan olahraga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Terkait dengan itu Kabupaten Agam telah melaksanakan event-event Nasional maupun Internasional seperti devisi 2 PSSI wilayah Sumatera, paralayang, dan berpartisipasi dalam menyukseskan rute Tour de Singkarak.
Dengan potensi tersebut, kedepan kami bertekad untuk lebih mengembangkan kegiatan keolahragaan baik dalam lingkup Provinsi, Nasional maupun Internasional, Untuk itu kami mohon bimbingan dan kesempatan dari Pemerintah dan Pengurus Olahraga Provinsi Sumatera Barat.

Bapak Gubernur serta hadirin para undangan yang berbahagia

Kita menyadari bersama bahwa salah satu tujuan diadakannya PORPROV Sumatera Barat ini adalah menggali potensi atlit-atlit Sumatera Barat dalam rangka persiapan menghadapi kejuaraan tingkat nasional, termasuk Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XVIII yang Insya Allah akan digelar di Provinsi Riau pada tahun 2012 yang akan datang. Disamping itu melalui pelaksanaan PORPROV ini juga dikandung maksud untuk membina hubungan silaturahmi diantara sesama atlit, offisial, dan pelatih demi menciptakan rasa persatuan, kesatuan, dan kebersamaan diantara Pemerintah Kabupaten/Kota dan insan olahraga.Oleh sebab itu marilah kita sukseskan bersama event ini dengan senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dan kekluargaan diantara kita bersama.
Apapun alasannya Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Barat ke XI ini merupakan wahana yang sangat tepat bagi para atlit untuk membuktikan kemampuan dan ketangguhannya meraih prestasi. Walaupun tidak semua akan berhasil dan sukses namun atlit yang meraih prestasi tentu diharapkan akan lebih meningkatkan prestasinya di kesempatan dan event yang lebih besar. Bagi yang belum meraih prestasi hendaklah dijadikan pemicu motivasi untuk terus berlatih dan meningkatkan prestasi di masa yang akan datang.

Bapak Gubernur serta para hadirin undangan yang kami hormati

Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Barat yang insya Allah akan diresmikan sebentar lagi merupakan Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Barat yang ke XI. Pertama kali digelar tahun 1986 di Padang Kota tercinta dan sebelumnya pada tahun 2006 dilaksanakan bersama di Kabupaten Sijunjung dan Kota Sawahlunto.
Sebelumnya penyelenggaraan  Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Barat ke XI ini direncanakan tahun 2009. Namun karena beberapa alasan ditunda menjadi tahun 2010 ini, diantaranya adalah karena Sumatera Barat pada umumnya dan Kabupaten Agam pada khususnya menghadapi musibah yang cukup besar, yakni Gempa Bumi 30 September 2009 yang menghancurkan beberapa fasilitas pendukung yang sudah disiapkan seterusnya kita juga dihadapkan dengan adanya pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah baik ditingkat Sumatera Barat maupun dibeberapa Kabupaten/Kota lainnya  yang dilaksanakan secara serentak.

Bapak/Ibu yang kami hormati

Dengan kondisi tersebut maka Penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi kali ini terpaksa berbeda dibandingkan dengan penyelenggaraan sebelumnya. Sesuai dengan kesepakatan Kabupaten/Kota dan persetujuan Bapak Gubernur, bila pelaksanaan Porprov sebelumnya dipusatkan di satu Kabupaten atau Kota, maka sekarang disebar diseluruh Kabupaten/Kota se Sumatera Barat, kecuali Kabupaten Mentawai dan Kota Solok, Kabupaten Sijunjung, dan Kabupaten Lima Puluh Kota. Kabupaten Agam dipercayakan untuk melaksanakan acara pembukaan dan penutupan, serta 4 cabang olahraga, diantaranya atletik, tinju, tenis meja, dan dayung.Sedangkan 24 cabang olahraga lainnya tersebar di 15 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa kegiatan besar ini dapat kita gelar berkat kebersamaan yang tercipta antara Provinsi Sumatera Barat dengan Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat dengan moto ”Barek Sapikua, Ringan Sajinjiang, Basamo Mangko Manjadi”.

Bapak Gubernur serta hadirin para undangan yang berbahagia

Dapat kami sampaikan bahwa, Sebelum dilaksanakan pembukaan PORPROV ke XI ini berbagai kegiatan lomba telah dilaksanakan. Tidak kalah pentingnya untuk menyemarakkan dan menyemangati Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Barat ke XI ini, pada tanggal 2 Desember 2010 telah dilakukan pula pengambilan api Pekan Olahraga Provinsi dari Nagari tertua di Minangkabau, Sumatera Barat, yaitu Nagari Pariangan Kabupaten Tanah Datar, Luhak Nan Tuo. Api tersebut telah di kirab sampai ke Ibu Kota Kabupaten Agam, Lubuk Basung melalui beberapa Kabupaten dan Kecamatan. Pada setiap Kecamatan mendapat sambutan yang meriah dari masyarakat dalam bentuk berbagai atraksi kesenian dan budaya. Pada hari yang sama juga digelar pertandingan dicabang olahraga Dayung yang bertempat di Danau Maninjau.

Bapak Gubernur serta hadirin para undangan yang kami hormat

Pada kesempatan ini izinkan kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan namanya satu persatu yang telah memberikan dukungan sepenuhnya dalam mensukseskan acara pembukaan dan pelaksanaan 4 cabang Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Barat ke XI di Kabupaten Agam, semoga menjadi amal ibadah disisi Allah SWT. Kita berharap walaupun dengan berbagai keterbatasan yang ada mudah-mudahan Pekan Olahraga ke XI Provinsi Sumatera Barat ini berjalan dengan sukses, aman dan lancar.
Kepada Bapak Gubernur Sumatera Barat beserta jajarannya dari lubuk hati yang paling dalam kami ucapkan terima kasih atas bantuan dan dukungannya baik moril maupun materil sehingga terselenggaranya event yang besar.Selanjutnya dimohonkan kepada Bapak untuk membuka acara ini secara resmi dan memberikan arahan dihadapan kita bersama.
Selanjutnya sebelum kami akhiri sambutan ini atas nama Pemerintah, masyarakat serta Panitia Pelaksana Pekan Olahraga Provinsi ke XI Sumatera Barat di Kabupaten Agam kami menyampaikan ucapan maaf kepada semua pihak terutama kepada tamu kami baik yang datang dari Provinsi, Kabupaten/Kota atas segala kekurangan dari pelayanan yang kami berikan. Kami telah berupaya memberikan semaksimal mungkin, memberikan pelayanan yang terbaik, namun dengan segala keterbatasan yang ada kami sadari terdapat berbagai kekurangan disana sini, untuk itu kami mohon dimaafkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s