Ragum

 

Berdasarkan kapasitasnya untuk mencekam dengan kuat atau memberikan tekanan tetap, ragum dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah dalam produksi di bengkel-bengkel kecil dimana umumnya memerlukan penyesuaian peralatan dan teknik/metode untuk pekerjaan-pekerjaan secara manual dengan tangan. Operasi-operasi di bengkel besar akan memerlukan jig atau alat tekan yang dapat digabung dengan ragum tertentu atau alat lain dari ragum biasa.

Satu masalah yang timbul adalah bagaimana mencekam benda kerja dengan kuat tanpa meninggalkan bekas kasar dari ragum; masalah lain yaitu bagaimana memegang part kecil dengan ragum yang relatif besar. Ada solusi mudah untuk masalah-masalah tersebut.

Terlepas dari alas penyelip atau jepitan lunak yang dapat digunakan untuk melindungi benda kerja, seringkali hal ini cukup untuk memegang benda kerja dengan kardus seperti pada kardus rokok. Karena ketipisannya dan disokong dengan jepitan logam, hal ini akan memberikan cekaman yang lebih kuat pada benda kerja daripada jepitan fiber yang tebal. Lembaran logam seperti alumunium dan kuningan, serta semua material logam lunak juga dapat digunakan. Jika bagian utama dari benda kerja mengalami permesinan atau akan mengalami kerusakan akibat dari jepitan ragum standar, sepasang permukaan halus dari baja lunak akan mengubah bangku ragum, untuk fungsi ini, menjadi sebuah nesin ragum tetap.

Saat ini, memegang sebuah mesin ragum lebih nyaman dilakukan pada bagian dasar/kaki bangku ragum, dengan menggunakan mesin ragum untuk memasang benda kerja, dan berdasar prinsipnya, ragum kecil tertentu, atau penjepit ragum, dan bahkan kempa pembuat perkakas dapat dipasang untuk benda kerja kecil.

 

 

 

 

Fastener

 

Fastener adalah benda yang digunakan untuk mengikat dua komponen dengan kuat dan dapat di lepas lagi tanpa merusak konponen.

 

fungsi utama fastener adalah sebagai pemindah / transfer beban dan sesuai dengan
aplikasi terdapat banyak pilihan/features terhadap fasterner, yaitu :
– Higher strength
– Increased high temperature dependability
– Increased low temperature dependability
– Reduce cost
– Improved corrosin resistance

Beberapa penyebab kerusakan pada fastener adalah :
– Shear                        – Corrosin
– Overload                             – Manufacturing discrepancies
– Fatique                    – Improper installation
Fasterer Failure Analysis
Kerusakan fastener banyak disebab oleh static loading atau fatique loading.Static loading misalnya tension,shear,bending,or,torsion.Kondisi static loading dapat terjadi secara kombinasi.sebagai contoh dari fatique loading adalah vibration,dengan kondisi overload dan fatique.beberapa hal yang terkait dengan kerusakan fastener disebabkan oleh enviromental issues,manufacturing discrepancies,and improper use or incorret instalation.
Beberapa petanyaan untuk focus pada fastener adalah sebagai berikut :
How were the fasteners torqued?
In what order were fasteners tightened?
What is the best way to verfy the torque on fasteners?
Fatique merupakan satu dari sekian banyak kerusakan pada threaded fasteners. Fretting failures dapat disebabkan dari pergeseran kecil antara dua object/benda.Dan sebagai tambahan informasi bahwa,atmospheric corrosion ,liquid immersion corrosion,galvanic corrosion,crevice corrosion,stress corrosion cracking, and hydrogen damage dapat pula pula menyebabkan fasteners failure.

                 Untuk menghindari terjadinya kerusakan rear wheel nut dan stud patah, maka lakukan beberapa langkah prevention dibawah ini :
Daily inspection terhadap kondisi stud
Melakukan pengechekan torque nut rear wheel secara rutin ( setiap 1000 jam )

 

 

 

 

 

 

 

Kain Majun

 

        

 

         Kain majun adalah alat yang digunakan untuk membersihkan benda yang kotor dari kotoran yang tidak terlalu sulit untuk di bersihkan.Seperti : oli, debu, dan lumpur.Kain majun terbuat dari bahan yang lembut agar tidak manggores benda kerja.Kain majun bekerja dengan cara menghisap kotoran ke dalam serat-serat kainnya.

        

         Kain majun biasanya hanya digunakan sekali pakai saja.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penyusun :

–         Dewangga E P

–          Azis Nur Rohman

–          Zaenal abidin

–          Wawan Kurniawan

–          Sodikin

–          Yayan Dwi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s